Bagaimana Tahap Tahap Kehidupan Manusia Pada Masa Praaksara

Masa praaksara merupakan masa yang penuh dengan kemajuan dan perubahan dalam kehidupan manusia. Seiring berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, manusia mulai mengembangkan kemampuan untuk membuat alat-alat dan benda-benda yang dapat membantunya melakukan berbagai macam aktivitas. Meskipun banyak hal telah berubah, tahap-tahap kehidupan manusia selama masa praaksara masih tetap relevan hingga saat ini. Dalam artikel ini kita akan mengulas tiga tahap kehidupan manusia pada masa praaksara yaitu tahap pra sejarah, masa neolitik, dan masa metalurgi.

Tahap Pra Sejarah

Tahap pra sejarah adalah tahap paling awal dalam kehidupan manusia. Pada masa ini, manusia masih hidup dalam kelompok-kelompok kecil yang terpisah dan hidup di hutan-hutan atau di pesisir pantai. Mereka mencari makanan melalui berburu dan mengumpulkan serta mengambil manfaat dari alam sekitarnya. Selain itu, mereka juga membuat alat-alat sederhana dari bahan-bahan alami yang tersedia seperti batu, kayu, dan tulang. Meskipun mereka masih belum dapat menuliskan sejarah mereka, tahap ini menjadi bagian penting dari evolusi manusia.

Masa Neolitik

Masa neolitik adalah tahap berikutnya dalam kehidupan manusia. Pada masa ini, manusia mulai mengembangkan kemampuan untuk menanam tanaman dan ternak. Mereka juga mulai menggunakan bahan-bahan seperti batu dan tanah liat untuk membuat peralatan dan benda-benda. Pada masa ini, manusia juga mulai mengkolonisasi kawasan baru dan membangun pemukiman yang lebih permanen. Ini memungkinkan mereka untuk tinggal lebih lama dan membangun kehidupan yang lebih stabil. Selain itu, mereka juga mulai menggunakan bahan-bahan lain seperti bambu dan rotan untuk membuat alat-alat dan benda-benda.

Masa Metalurgi

Masa metalurgi adalah tahap terakhir dalam kehidupan manusia pada masa praaksara. Pada masa ini, manusia mulai menggunakan logam untuk membuat alat-alat dan benda-benda. Mereka juga mulai menggunakan logam untuk menciptakan senjata dan peralatan yang lebih kuat dan tahan lama. Dengan menggunakan logam, manusia juga dapat membuat benda-benda yang lebih kompleks seperti kapal dan bangunan. Selain itu, manusia juga mulai mengembangkan bahasa dan seni yang lebih kompleks. Tahap-tahap kehidupan manusia pada masa praaksara telah memungkinkan manusia untuk berkembang dan menciptakan banyak hal baru yang sekarang kita gunakan. Teknologi yang kita miliki saat ini adalah hasil dari banyak usaha manusia untuk meningkatkan kehidupan mereka. Tanpa tahap-tahap ini, banyak hal yang kita gunakan sekarang mungkin tidak akan pernah ada. Oleh karena itu, kita harus berterima kasih kepada para pendahulu kita yang telah menciptakan banyak hal yang sekarang kita gunakan.

Pertanyaan Terkait :