Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh

Kunci Jawaban terverifikasi ahli tentang pertanyaan Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh, berikut pembahasannya.


Pertanyaan

Sebuah drum besi dapat mengapung di dalam air disebabkan oleh


Jawaban

Karena drum memiliki massa jenis yang kecil dan juga luas penempang yang besar. Sehingga, gaya apung drum besi lebih besar daripada gaya beratnya. Hal tersebut membuat drum besi dapat mengapung di dalam air.


Pembahasan

Drum besi dapat mengapung di dalam air karena fenomena fisika yang disebut flotasi. Flotasi adalah kemampuan suatu benda untuk mengapung di dalam air atau zat cair lainnya. Benda dapat mengapung di air jika massa jenis (atau densitas) benda tersebut kurang dari massa jenis air. Massa jenis adalah perbandingan antara massa suatu benda dengan volume yang ditempati oleh benda tersebut.

Drum besi memiliki massa jenis yang lebih tinggi dibandingkan dengan air, sehingga drum tersebut akan mengapung jika diisi dengan gas atau udara. Jika drum tersebut diisi dengan gas atau udara, volume dari drum tersebut akan menjadi lebih besar, sehingga massa jenis drum tersebut akan menjadi lebih rendah. Dengan demikian, drum tersebut akan mengapung di dalam air.

Sebagai contoh, jika sebuah drum besi kosong diletakkan di dalam air, drum tersebut akan tenggelam karena massa jenis drum tersebut lebih tinggi daripada massa jenis air. Namun, jika drum tersebut diisi dengan gas atau udara, maka drum tersebut akan mengapung di dalam air karena massa jenis drum tersebut menjadi lebih rendah daripada massa jenis air.


Penutup

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa isi artikel merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Kita harus untuk mengamati lebih lanjut tentang topik tersebut agar kita dapat mengetahui artinya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Pertanyaan Terkait :