Sebutkan contoh cara membuat api

Kunci Jawaban terverifikasi ahli tentang pertanyaan Sebutkan contoh cara membuat api, berikut pembahasannya.


Pertanyaan

Sebutkan contoh cara membuat api


Jawaban

Cara membuat api sederhana:
Metode cara membuat api ini menggunakan batang kayu sebagai poros yang diputar – kayu poros, kemudian kayu yang dijadikan sebagai alas kayu poros – kayu alas, dan menggunakan rumput atau daun kering sebagai pemancing nyala api.

Bahan:

  • Daun kering – rumput kering
  • Kayu

Cara pengerjaan:

  • Siapkan daun yang kering atau bisa juga alternatif menggunakan rumput kering.
  • Letakkan rumput kering tersebut tepat dibawah kayu alas, bertujuan untuk menampung serbuk kayu yang terbakar.
    Buatlah lubang pada kayu alas tersebut dengan luas yang sama dengan kayu poros, supaya kayu poros itu tidak bisa bergeser.
  • Buatlah jalan dari lubang sampai ke tepi kayu alas, hal tersebut dilakukan untuk membuat jalan supaya serbuk kayu yang terbakar jatuh langsung pada daun kering yang telah disiapkan.
  • Mulailah memutar kayun tersebut.
  • Apabila serbuk api muncul, maka segera tambahkan benda-benda yang murah terbakar lainnya, misal kertas atau daun kering selanjutnya tiuplah perlahan hingga api dapat membesar.

Pembahasan

Berikut ini adalah beberapa contoh cara lain membuat api:

Menggunakan batu api dan tindakan gosok. Anda dapat menggunakan batu api dan tindakan gosok untuk membuat api dengan cara menggosok batu api dengan cepat di atas sejenis bahan yang mudah terbakar, seperti kayu kering atau sampah.

Menggunakan lensa cahaya. Anda dapat membuat api dengan menggunakan lensa cahaya untuk fokus sinar matahari ke sejenis bahan yang mudah terbakar, seperti kayu kering atau sampah.

Menggunakan korek api. Anda dapat membuat api dengan menggunakan korek api dengan cara menarik anak panah ke atas sampai terdengar suara “klik” dan kemudian menempatkan anak panah di atas bahan yang mudah terbakar, seperti kayu kering atau sampah.

Menggunakan sumber bahan bakar. Anda dapat membuat api dengan menggunakan sumber bahan bakar, seperti kompor atau korek gas, dengan cara menempatkan bahan bakar di atas sumber panas dan menyalakan api.


Penutup

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa topik yang dibahas merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari. Sangat dianjurkan untuk memperhatikan lebih lanjut tentang topik tersebut agar kita bisa mengetahui artinya. Harapannya, artikel ini dapat memberikan bantuan bagi para pembaca. Terima kasih.

Pertanyaan Terkait :