Mengapa wayang ditetapkan sebagai mahakarya dunia

Kunci Jawaban terverifikasi ahli tentang pertanyaan Mengapa wayang ditetapkan sebagai mahakarya dunia, berikut pembahasannya.


Pertanyaan

Mengapa wayang ditetapkan sebagai mahakarya dunia


Jawaban

Karena kesenian ini telah mengakar dalam budaya Indonesia.


Pembahasan

Wayang, atau wayang kulit adalah sebuah pertunjukan teater tradisional Indonesia yang menggunakan boneka wayang sebagai pemeran. Pertunjukan wayang mengandung nilai-nilai filosofis dan budaya yang tinggi, serta merupakan bagian penting dari kebudayaan Indonesia.

Pada tahun 2003, UNESCO menetapkan wayang sebagai mahakarya dunia (Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Penetapan ini didasarkan pada fakta bahwa wayang merupakan salah satu bentuk seni budaya yang paling tua dan paling terkenal di Indonesia, serta merupakan bagian integral dari kebudayaan Indonesia yang telah ada selama berabad-abad.

Penetapan wayang sebagai mahakarya dunia juga merupakan bentuk penghargaan atas upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk melestarikan dan mengembangkan pertunjukan wayang. Penetapan ini juga dianggap sebagai bentuk dukungan terhadap usaha-usaha Indonesia untuk menjaga keberlangsungan pertunjukan wayang sebagai bagian dari warisan budaya nasional yang berharga.


Penutup

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa topik yang dibahas penting sekali untuk diketahui. Kita harus untuk mengamati lebih lanjut tentang isi artikel ini agar kita bisa memahami maknanya. Semoga artikel ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Pertanyaan Terkait :