Ekskresi sebagai salah satu ciri makhluk hidup berfungsi untuk

Kunci Jawaban terverifikasi ahli tentang pertanyaan Ekskresi sebagai salah satu ciri makhluk hidup berfungsi untuk, berikut pembahasannya.


Pertanyaan

Ekskresi sebagai salah satu ciri makhluk hidup berfungsi untuk


Jawaban

Menjaga keseimbangan dalam tubuh.


Pembahasan

Ekskresi adalah proses pengeluaran zat yang tidak diperlukan oleh tubuh atau yang berlebihan dari tubuh. Pada makhluk hidup, ekskresi berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme yang tidak diperlukan oleh tubuh, seperti urea, asam urat, dan sisa-sisa makanan yang tidak terabsorbsi. Ekskresi juga berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan elektrolit dan pH tubuh yang normal, serta untuk mengeluarkan racun dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh.

Pada hewan, sistem ekskresi terdiri dari organ-organ yang berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme tersebut, seperti ginjal pada manusia atau ginjal pada hewan lain, kelenjar air seni pada burung, atau kelenjar air seni pada reptil. Pada tumbuhan, sistem ekskresi terdiri dari seluruh jaringan tumbuhan, terutama daun, yang berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme melalui transpirasi.

Ekskresi merupakan salah satu ciri makhluk hidup yang penting karena membantu menjaga keseimbangan internal tubuh dan mempertahankan kesehatan. Tanpa adanya proses ekskresi, zat sisa metabolisme yang tidak diperlukan akan terakumulasi di dalam tubuh dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.


Penutup

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa isi artikel sangat penting untuk dipelajari. Sangat disarankan untuk mengamati lebih lanjut tentang isi artikel ini agar kita bisa memahami dengan baik artinya. Harapannya, artikel ini dapat memberikan bantuan bagi pembaca. Terima kasih.

Pertanyaan Terkait :