Kegiatan ekonomi berupa perindustrian banyak terdapat di wilayah

Kunci Jawaban terverifikasi ahli tentang pertanyaan Kegiatan ekonomi berupa perindustrian banyak terdapat di wilayah, berikut pembahasannya.


Pertanyaan

Kegiatan ekonomi berupa perindustrian banyak terdapat di wilayah


Jawaban

Perkotaan.


Pembahasan

Kegiatan ekonomi berupa perindustrian banyak terdapat di wilayah dengan tingkat urbanisasi yang tinggi, sumber daya alam yang melimpah, dan akses ke pasar yang baik. Perindustrian merupakan kegiatan ekonomi yang memproduksi barang-barang jadi dengan menggunakan mesin-mesin dan teknologi yang canggih. Perindustrian dapat terdiri dari industri kecil, menengah, dan besar. Industri kecil biasanya terdapat di daerah pedesaan atau pinggiran kota, sedangkan industri menengah dan besar biasanya terdapat di kawasan industri atau zona perindustrian.

Wilayah-wilayah yang memiliki tingkat urbanisasi tinggi biasanya memiliki tingkat permintaan yang tinggi terhadap barang-barang industri, sehingga menjadi lokasi yang menarik bagi perusahaan-perusahaan industri untuk membangun pabrik-pabriknya. Selain itu, wilayah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti bahan baku industri atau tenaga kerja yang terampil, juga dapat menjadi lokasi yang menarik bagi perindustrian. Akses ke pasar yang baik, misalnya melalui jaringan transportasi yang baik atau akses ke jalur distribusi yang efisien, juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi lokasi perindustrian.

Contoh wilayah dengan tingkat urbanisasi tinggi yang banyak terdapat perindustrian adalah kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, atau Bandung di Indonesia; Tokyo, Osaka, atau Yokohama di Jepang; New York, Los Angeles, atau Chicago di Amerika Serikat; dan London, Manchester, atau Birmingham di Inggris. Namun demikian, perindustrian juga dapat ditemukan di daerah-daerah lain yang memiliki kondisi ekonomi dan geografis yang memungkinkan untuk membangun pabrik-pabrik industri.


Penutup

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa isi artikel sangat penting untuk dipelajari. Sangat dianjurkan untuk memperhatikan lebih lanjut tentang topik tersebut agar kita dapat mengetahui artinya. Harapannya, artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Pertanyaan Terkait :