Tempat terjadinya fertilisasi

Kunci Jawaban terverifikasi ahli tentang pertanyaan Tempat terjadinya fertilisasi, berikut pembahasannya.


Pertanyaan

Tempat terjadinya fertilisasi


Jawaban

Oviduk atau tuba fallopi, yaitu saluran yang menghubungkan ovarium atau sel telur menuju ke rahim.


Pembahasan

Fertilisasi adalah proses penggabungan antara sel telur (ovum) dengan sel sperma (spermatozoa) yang menghasilkan sel baru yang disebut sel zigot. Proses ini terjadi di dalam tubuh wanita, tepatnya di dalam rahim (uterus).

Setelah sperma berhasil masuk ke dalam rahim, sel sperma akan bergerak menuju tuba falopi, yang merupakan saluran yang menghubungkan rahim dengan luar tubuh wanita. Sel telur yang matang akan dilepaskan dari ovarium (organ yang mengeluarkan sel telur) dan masuk ke dalam tuba falopi, di mana proses fertilisasi terjadi.

Jika sel sperma berhasil menemukan sel telur yang matang dan berhasil memasukinya, maka akan terjadi fertilisasi. Sel zigot yang terbentuk akan bergerak menuju rahim dan menempel pada dinding rahim, di mana ia akan tumbuh dan berkembang menjadi embrio. Proses ini disebut implantasi.

Jika fertilisasi tidak terjadi, maka sel telur yang tidak terpakai akan dikeluarkan dari tubuh wanita melalui haid (menstruasi).


Penutup

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa isi artikel penting sekali untuk dipelajari. Sangat dianjurkan untuk mencermati lebih lanjut tentang topik tersebut agar kita bisa memahami artinya. Semoga artikel ini dapat memberikan bantuan bagi pembaca. Terima kasih.

Pertanyaan Terkait :