Bagaimana ciri tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh hewan jelaskan

Kunci Jawaban terverifikasi ahli tentang pertanyaan Bagaimana ciri tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh hewan jelaskan, berikut pembahasannya.


Pertanyaan

Bagaimana ciri tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh hewan jelaskan


Jawaban

Umumnya penyerbukan dengan hewan terjadi pada tumbuhan dengan bunga yang menarik. Ciri-cirinya memiliki mahkota berukuran besar, warna mahkota yang mencolok dan berwarna-warni. Selain itu, bunganya memiliki aroma harum yang menggoda serangga, serta mempunyai kelenjar madu.


Pembahasan

Tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh hewan disebut tumbuhan serangga. Ciri-ciri tumbuhan serangga adalah sebagai berikut:

  • Memiliki bunga yang indah dan menarik untuk menarik serangga untuk bersinar.
  • Memiliki aroma yang kuat untuk menarik serangga.
  • Memiliki nectar yang mengandung gula yang menarik bagi serangga.
  • Memiliki bentuk bunga yang sesuai dengan bentuk tubuh serangga, seperti leher yang panjang untuk mencapai nectar bagi lebah atau kepala yang besar untuk menarik monyet atau burung.
  • Memiliki mekanisme penyerbukan yang sesuai dengan serangga, seperti kepala yang lebar untuk menarik lebah atau bunga yang mengeluarkan bau yang menarik bagi lalat.

Serangga yang sering membantu dalam penyerbukan tumbuhan serangga adalah lebah, lalat, burung, kecoa, dan monyet. Serangga ini akan menyebarkan pollen dari tumbuhan satu ke tumbuhan lainnya saat mereka mencari makanan, sehingga membantu proses reproduksi tumbuhan.


Penutup

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa topik yang dibahas sangat penting untuk diketahui. Sangat dianjurkan untuk mengamati lebih jauh tentang isi artikel ini agar kita dapat memahami dengan baik artinya. Harapannya, artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Pertanyaan Terkait :