Tanda bahwa masyarakat memasuki zaman sejarah adalah

Kunci Jawaban terverifikasi ahli tentang pertanyaan Tanda bahwa masyarakat memasuki zaman sejarah adalah, berikut pembahasannya.


Pertanyaan

Tanda bahwa masyarakat memasuki zaman sejarah adalah


Jawaban

Adanya peninggalan berupa tulisan.


Pembahasan

Ada beberapa tanda atau indikator yang dapat menunjukkan bahwa masyarakat sudah memasuki zaman sejarah. Beberapa tanda tersebut adalah:

  • Adanya kemampuan menulis: Kemampuan menulis merupakan tanda yang paling umum dari suatu masyarakat yang telah memasuki zaman sejarah. Kemampuan menulis memungkinkan masyarakat untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber sejarah.
  • Adanya kebudayaan yang terorganisir: Masyarakat yang telah memasuki zaman sejarah umumnya telah memiliki kebudayaan yang terorganisir, yaitu kebudayaan yang terdiri dari sistem sosial, politik, ekonomi, dan budaya yang terstruktur dengan baik.
  • Adanya kerajaan atau pemerintahan: Masyarakat yang telah memasuki zaman sejarah umumnya memiliki pemerintahan atau kerajaan yang terorganisir. Pemerintahan ini bertanggung jawab untuk mengatur kehidupan masyarakat dan membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat.
  • Adanya kemajuan dalam teknologi: Masyarakat yang telah memasuki zaman sejarah biasanya telah mengalami kemajuan dalam teknologi, seperti kemajuan dalam ilmu pengetahuan, seni, dan teknik. Kemajuan ini akan membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup dan memecahkan masalah-masalah yang dihadapi.
  • Adanya catatan-catatan sejarah: Masyarakat yang telah memasuki zaman sejarah biasanya telah mencatat kejadian-kejadian penting yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat dijadikan sebagai sumber sejarah. Catatan-catatan sejarah ini bisa berupa manuskrip, inskripsi, atau benda-benda bersejarah lainnya.

Penutup

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa isi artikel merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Sangat disarankan untuk mencermati lebih lanjut tentang isi artikel ini agar kita dapat memahami artinya. Semoga artikel ini dapat menjadi bantuan bagi para pembaca. Terima kasih.

Pertanyaan Terkait :