Deskripsikan dengan singkat tentang sejarah terciptanya bola voli

Kunci Jawaban terverifikasi ahli tentang pertanyaan Deskripsikan dengan singkat tentang sejarah terciptanya bola voli, berikut pembahasannya.


Pertanyaan

Deskripsikan dengan singkat tentang sejarah terciptanya bola voli


Jawaban

Bola voli adalah olahraga yang populer dan merupakan salah satu cabang olahraga yang diselenggarakan di berbagai ajang olimpiade. Bola voli pertama kali diciptakan oleh William G. Morgan, seorang inspektur olahraga di YMCA (Young Men’s Christian Association) di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 1895. Saat itu, Morgan sedang mencari olahraga yang lebih lembut daripada bola basket yang sedang populer saat itu, karena bola basket terlalu keras dan tidak cocok untuk ditandingkan di ruangan tertutup.

Morgan kemudian menciptakan olahraga yang dinamakan “Mintonette” yang kemudian diubah menjadi “volley ball” (bola voli). Bola voli pertama kali dimainkan di YMCA pada tahun 1896, dan sejak itu telah menjadi olahraga yang populer di seluruh dunia. Bola voli kemudian diselenggarakan dalam ajang olimpiade pertama pada tahun 1964 di Tokyo, Jepang. Sebagai olahraga yang menuntut kecepatan, kekuatan, dan kelincahan, bola voli merupakan olahraga yang menyenangkan untuk dimainkan oleh orang-orang dari semua usia dan tingkat kemampuan.


Pembahasan

Permainan bola voli pertama kali diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895 di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat. Morgan mendapatkan inspirasi menciptakan permainan bola voli setelah bertemu dengan James Naismith (pencipta olahraga basket). Permainan bola voli tercipta empat tahun setelah penemuan permainan bola basket.

Permainan ini pertama kali dinamakan Mintonette. Mintonette sebenarnya merupakan penggabungan dari beberapa jenis permainan, yaitu bola basket, bisbol, tenis, dan bola tangan. Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus untuk usia yang tidak muda lagi.

Pada tahun 1896, Mintonette berubah nama menjadi ‘volley ball’ (bola voli) dan pertama kali pertandingan bola voli didemonstrasikan di International YMCA Training School. Bola voli dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim beranggotakan 5 orang.

Arti ‘volleyball’ sendiri kurang lebih mem-volibola. Disebut volleyball karena gerakan-gerakan utama yang terdapat pada permainan tersebut adalah gerakan memukul bola sebelum bola tersebut jatuh ke tanah (volley).

Pada tahun 1952, Komite Administratif USVBA (United States Volleyball Association) memutuskan untuk mengeja nama volleyball yang sebelumnya dua kata “volley ball” menjadi satu kata, yaitu “volleyball”.


Penutup

Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa topik yang dibahas penting sekali untuk diperhatikan. Sangat dianjurkan untuk mengamati lebih jauh tentang topik tersebut agar kita dapat memahami artinya. Harapannya, artikel ini dapat menjadi bantuan bagi pembaca. Terima kasih.

Pertanyaan Terkait :